20 Peserta Ujikom LSP TPTU Dinyatakan Lulus

0
282

Apitu.org. Jakarta~Lembaga Sertifikasi Profesi Teknik Pendingin dan Tata Udara ( LSP TPTU ) yang juga bekerja sama dengan Tempat Uji Kompetensi ( TUK ) Daikin National Training Centre telah berhasil melaksanakan uji kompetensi untuk teknisi pendingin perdananya.

Uji kompetensi dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 26 – 27 Maret 2019 bertempat di Tempat Uji Kompetensi Daikin National Training Centre, Sunter, DKI Jakarta.

Sebelumnya, para peserta diberi pelatihan yang terdiri dari 30 peserta yaitu 15 orang teknisi dari Daikin, dan 15 orang dari teknisi APITU Indonesia. Dari 30 peserta tersebut, di ambil 20 orang yang dinyatakan lulus dalam pelatihan, kemudian lanjut untuk mengikuti uji kompetensi ini.

Ujikom yang diikuti 20 peserta ini mengujikan 13 kompetensi dasar teknik pendingin dan tata udara, baik teori maupun praktek.

Baca juga : DAIKIN dan APITU Indonesia Mengadakan Pelatihan Untuk Peserta Uji Kompetensi Teknisi AC

Perlu diketahui, Ujikom Daikin ini bertujuan untuk menciptakan teknisi yang berkompeten dalam rangka menyambut persaingan, juga semakin besarnya peluang pasar bidang Air Conditioner ( AC ) yang mencapai 2 Juta unit per tahun.

Dalam Ujikom ini peserta tidak hanya diuji kecakapan dalam menangani perbaikan mesin pendingin ruangan ( AC ), namun diujikan pula bagaimana bekerja yang aman dan bekerja ramah lingkungan, yaitu bagaimana menangani Refrigerant yang benar, guna menghindari perusakan ozon dan perusakan lingkungan.

Dari 20 peserta uji kompetensi tersebut dinyatakan LULUS dan menguasai meteri mulai dari penggunaan alat pelindung diri, sampai mengosongkan refrigerant yang ada di dalam unit mesin pendingin, untuk mencegah gas refrigerant terlepas ke atmosfer, dengan cara praktek Prosedure Recovery Refrigerant.

Kedepan, Daikin NTC akan rutin mensertifikasi teknisi-teknisi AC, hal ini pun selaras dengan tujuan dari LSP TPTU yaitu untuk untuk mendukung Gerakan Indonesia Kompeten ( GIK ).

“Pelaksanaan uji kompetensi ini akan dilakukan terus ke depan secara bertahap untuk mewujudkan Gerakan Indonesia Kompeten” tutur H. Nur Ekhwan selaku Ketua LSP TPTU.

Baca juga : LSP TPTU Layak melakukan Uji Kompetensi

Dipublikasikan oleh : Jurnalis Umum DPP APITU Indoneisa
Rudi Hadi

Komentar dengan Facebook