AC Gree C3E : Tipe Low Watt yang Aman dan Sehat

0
15246

Apitu.org–Review Produk- Jumpa lagi dengan Team Review Apitu Indonesia, kali ini Team mendapat Undangan dari Pabrikan AC yang cukup terkenal yaitu PT. Gree Electric Appliances Indonesia dengan Produk Ac bermerk “GREE”.

Kita simak dahulu tentang GREE ini, Gree adalah satu-satunya produsen di industri HVAC China yang diakui sebagai “World Brand”. Bisnisnya menyebar ke lebih dari 160 negara dan wilayah. Kapasitas produksi tahunan Gree saat ini untuk RAC lebih dari 60 juta set dan 5,5 juta set untuk CAC.

Gree berkomitmen untuk menyediakan pengguna global dengan teknologi tinggi dan produk berkualitas tinggi. Saat ini, Gree memiliki 10 basis produksi di seluruh dunia, 8 terletak di China yakni ZhuHai, Hunan, HeFei, ChongQing, ZhengZhou, WuHan, ShiJiaZhuang, Wuhu, 2 lain di Brasil dan Pakistan, dengan lebih dari 70.000 karyawan termasuk 8000 teknisi, 800 laboratorium, 2 pusat penelitian nasional.

Produk RAC dan CAC Gree diklasifikasikan ke dalam 20 kategori, 400 seri dan lebih dari 127.000 model, yang bisa memenuhi tuntutan untuk semua segmen pasar. Dengan lebih dari 22.000 paten teknologi, termasuk 7000 paten penemuan baru, Gree telah mencapai serangkaian “World-leading” produk yang telah membentuk perkembangan industri, seperti self-developed magnetic suspension centrifugal compressor and chiller, photovoltaic direct-driven inverter centrifugal chiller, kompresor inverter 2-tahap, rare-earth free inverter compressor, pendingin ruangan ramah lingkungan dengan refrigeran R290, pendingin ruangan inverter 1Hz, pendingin ruangan multi-fungsional yang berfungsi sebagai pemanas secara bersamaan, permanent magnet synchronous inverter centrifugal chiller, ultra-low temperature digital VRF dan sebagainya. Tidak heran bila Gree mengungguli merek lain dengan produk sejenis dan menempati peringkat 294 dalam Forbes Global 2000 pada 2018 serta nomor 1 dalam sektor industri AC.

Komponen pendingin ruangan yang besar dapat diproduksi oleh Gree sendiri. Papan sirkuit, kumparan, logam dan bagian plastik 100% diproduksi oleh Gree sendiri untuk tujuan jaminan kualitas produkmenggunakan material baku baru kelas premium.

OK banget kan….?????

Team kali ini akan mengupas salah satu Produknya yaitu Split Wall Type GREE GWC-05C3E….

Cek it out……

Kita lihat Kemasan dan Indoornya dahulu ya, ini dia  :

Dari sisi kemasan cukup modern, kokoh melindungi namun tetap menarik

Mungkin satu satunya Pabrikan AC yang memikirkan kedudukan  untuk Remote Controller secara baik dan rapi dengan diluangkannya space untuk Remote ini.

Kemudian Evaporator dilapisi dengan Blue Fin, untuk menjaga evaporator agar tidak cepat karat. Blue Fin menurut Teknikal Support GREE mampu bertahan 2 Tahun sempurna dengan catatan tidak di cleaning menggunakan Chemical.

Evaporator Blue Fin, foto taken by Muhammad Riduan/Apitu Indonesia

Ketebalan U Bent pada Evaporator sama dengan ketebalan pipa yang digunakan di Evaporator.

Material Plastik cukup aman bilamana terjadi korsleting, karena plastik yang digunakan tidak meleleh bilamana terbakar.

Plastik tahan Api, foto taken by Muhammad Riduan/Apitu Indonesia

Grille/Cover tidak mudah pudar karena materialnya sangat bagus dan kokoh.

Sensor tidak mudah rusak karena tersemprot air karena faktor kelalaian.

Filter mampu menyaring debu 0,3 mm. Selain itu dilengkapi juga dengan Filter DIY ( Do it Yourself ) mempunyai dua Fungsi yaitu : Warna Biru untuk Anti bau sementara Warna Hijau adalah untuk Anti Bakteri, Oh iya satu lagi… filer DIY ini bisa dicuci ya Guys, asal tidak disikat!

Filter DIY, foto taken by Muhammad Riduan/Apitu Indonesia

Wah mungkin kamu baru akan menemui disini bahwa ; Swing pada GREE GWC-05C3E ini bisa dilepas dengan mudah guna memudahkan kita untuk melakukan perawatan ya……..

Modul ; secara umum hampir mirip namun ada beberapa kelebihan yang ditampilkan pada type ini diantaranya adalah :

  • Seluruh soket dilengkapi dengan penutup dengan harapan tidak terdapat kabel kendor
  • Timer real time
  • Pengingat pintar : Berfungsi untuk selalu mengingat pengaturan Anda sehingga tidak perlu mengatur ulang suhu, kecepatan kipas, jam, bahkan pada saat listrik padam
  • Restart Otomatis : dapat mengatur waktu pengoperasian awal secara pintar. Saat listrik hidup kembali, unit Ac tidak akan beroperasi bersamaan dengan perangkat lain.
  • Self-Diagnosis : Status operasi dan kerusakan dapat terdeteksi secara otomatis dan ditampilkan di layar.
  • Auto Cleaning : membersihkan sisa-sisa air yang ada di Evaporator dengan tetap menyalakan fan indoor selama 2-4 menit setelah ac dimatikan.
  • Turbo : Kecepatan Fan untuk mengejar suhu tertentu, namun setelah suhu yang diharapkan sudah dicapai turbo akan mati.

Team juga bongkar habis sisi Indoor ini dan ini dia hasilnya :

Evaporator ac pada unit GREE baru pasti diisi dengan Nitrogen, hal ini untuk memberikan informasi kepada Installer apakah terjadi kebocoran atau tidak pada Evaporator saat unit Ac akan dipasang.

Isi Nitrogen, foto taken by Muhammad Riduan/Apitu Indonesia

Braket, menggunakan material seng BJLS sehingga mampu menopang indoor dengan baik tanpa di khawatirkan terjatuh.

Selang Drain, selang drain juga menggunakan plastik yang mempunyai elastisitas baik sehingga mudah diarahkan ke berbagai penjuru, selain itu Drain Gree ini juga bisa dengan mudah dicopot dan dipindah ke sisi kanan atau sisi kiri sesuai dengan kondisi dilapangan, tetapi jangan khawatir dengan adanya perpindahan Drain ini mengakibatkan rembes atau kebocoran air karena menggunakan noc dan klem dari kawat berkualitas.

Selang Drain, foto taken by Muhammad Riduan/Apitu Indonesia

Drain, kalau beberapa produk ada kita jumpai mengalami kebocoran diakibatkan kemiringan tidak cukup, maka pada GREE GWC-05C3E kita tidak perlu khawatir karena kemiringannya sangat cukup.

Fan Indoor; Fan indoor menggunakan daya konsumsi AC 220 Volt dengan tingkat kebisingan secara menyeluruh pada indoor 40 DB dan dilengkapi Anti bising yaitu bibuatnya suatu tempat untuk aliran angin satu arah yang terletah tepat dibalakang Fan Indoor.

Display ; GREE GWC-05C3E ini dilengkapi layar yang terletak pada sisi tengah indoor dengan menampilkan angka digital seolah-olah dari dalam plastik Grille yang disebut ” light indicator”. Light indicator bisa menampilkan suhu ruangan real time maupun suhu permintaan yang dikirim dari Remote Controller.

Kemudian Remote Controller, kalau fungsinya hampir sama ya Guys, kalau kita sudah biasa menggunakan ac maka kita tidak akan mengalami kesulitan, yang akan kita komentari disini adalah tampilannya yang cukup segar dan beda gitu…

Oke deh itu tadi dari sisi indoor, kamu ambil gelas dulu atau seduh kopi untuk melanjutkan baca tampilan Outdoor GREE GWC-05C3E biar nggak salah tangkap yak…..

Oke kita lihat spesifikasinya dulu ya :

  • Model : GREE GWC-05C3E
  • Tegangan : 220/240 V
  • Kapasitas pendingin : 4850 BTu/h
  • Daya Masukan pendingin : 330 W
  • EER : 13,90 (BTu/h)/W
  • Area Aplikasi : 8-12 m2
  • Dimensi Unit Indoor :  (PXLXT) 698X185X250 mm
  • Dimensi Unit Outdoor : (PXLXT) 720X310X428 mm
  • Diameter pipa Cair : 1/4″ (inch)
  • Diamater pipa Gas : 3/8″ (inch)
  • Berat Unit Outdoor 20,5 kg
  • Refrigerant : R32

Nah kalau kita perhatikan GREE GWC-05C3E menggunakan Material seng untuk Body Outdoornya sehingga diharapkan tidak mudah lapuk karena terkena panas matahari, dinginnya malam dan terjangan badai saat hujan.

GREE GWC-05C3E menggunakan Kompressor yang dibuat sendiri oleh GREE, karena banyak Pabrikan menggunakan Produk merek lain untuk Kompressornya.

Kompressor Produk Gree Foto taken by Muhammad Riduan/Apitu Indonesia

Kompressor pada GREE GWC-05C3E dilengkapi dengan overload yang sudah ditanam didalam Kompressor.

Kompressor dan Fan Outdoor menggunakan kapasitor secara terpisah, dengan pertimbangan agar bilamana salah satu kapasitor rusak tidak harus menggantinya dengan kapasitor 1 set.

Kapasitor, foto taken by Muhammad Riduan/Apitu Indonesia

Blade Kipas Outdoor menggunakan Material Plastik yang sangat tebal dan kokoh.

Blade GREE GWC-05C3E, foto taken by Muhammad Riduan/Apitu Indonesia

Perlu dicatat juga bahwa, bilamana kamu memasang Unit Ac GREE GWC-05C3E mendapatkan Freon/refrigerant kosong maka bergaransi ditukar dengan unit baru.

Terakir paling dinanti adalah GREE memberikan Gransi untuk GREE GWC-05C3E sebagai berikut :

  • Garansi Spareparts 3 Tahun
  • Garansi Kompressor 5 Tahun
  • Garansi 1 Tahun Ganti Baru (3 komponen utama yaitu kompresor, kondensor, dan evaporator)

OK Guys demikian tadi hasil review yang kami lakukan untuk Ac GREE GWC-05C3E, saatnya tentukan pilihanmu………

Jangan lupa klik gambar berikut untuk dapat informasi menarik dari GREE

Komentar dengan Facebook