Apitu Berbagi X Palembang Sumatera Selatan

0
348

Apitu.org~Palembang– Perhelatan akbar seminar nasional dan expo Praktisi Pendingin dan Tata Usaha (APITU) berbagi ke-X yang digelar di kota Palembang turut dihadiri oleh ratusan anggota dari berbagai wilayah Indonesia, seperti dilansir Tribun Sumsel.

Ketua Umum APITU Indonesia, Moch Zainul Arifin mengatakan, terakhir digelar tahun 2019, kegiatan ini sejatinya adalah agenda tahunan.

Namun sempat terkendala sejak tahun 2020 dikarenakan pandemi yang melanda secara global.

Advertisement

“Momen ini juga sekaligus menjadi kesempatan bagi kami, anggota APITU di seluruh Indonesia untuk melepas rindu. Bisa dikatakan ini ajang temu-kangen antar kami,” ujarnya  dalam kegiatan yang digelar di Dinning Hall Jakabaring Palembang, Sabtu (25/6/2022).

Secara singkat dijelaskan, APITU adalah sebuah asosiasi yang terdiri dari praktisi atau orang-orang berkompeten dalam bidang pendingin dan tata udara.

Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan menjalin hubungan antar sesama praktisi serta pengusaha di seluruh Indonesia.

APITU sendiri secara hukum sudah memiliki legalitas resmi sejak tahun 2015.

“Jadi kami semua yang berhubungan dengan pendingin dan teknik tata udara, kumpul disini. Kami lebih ke perorangan. Disini sekitar 30 persen adalah pengusaha, bukan atas nama perusahaannya. Mereka juga hadir disini tapi perusahaannya tetap jalan karena sudah ada sistem dan karyawan yang bekerja,” ujarnya.

Kegiatan rutin ini diisi dengan berbagai agenda bermanfaat bagi setiap anggota.

“Jadi kami selama ini mempertemukan antara anggota dengan pihak prinsipal dari berbagai daerah yang selama ini mungkin tidak bisa bertemu untuk kemudian saling berbagi diantara sesama. Bagaimana peluang usaha disana, bagaimana penanganan usaha di masing-masing daerah. Nah itu kami berbagi semua ilmu, teknik dengan pihak prinsipel dan disatu kesempatan kami juga melakukan kegiatan sosial yang berhubungan dengan masyarakat umum,” ucapnya.

Dalam perhelatan yang baru kembali digelar di tahun ini, APITU berbagi sengaja mengangkat tema “Peran Tata Udara Dalam Teknologi Kesehatan”.

Tema ini sengaja diambil mengingat kesehatan menjadi hal yang semakin diperhatikan pasca adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

“Diantaranya apa fungsi serta peran pendingin dan tata udara bagi dunia kesehatan, semuanya sudah kami jelaskan semua di seminar kemarin,” tuturnya.

Sementara itu, M, Ikhsan, ketua panitia pelaksana seminar nasional dan expo APITU berbagi ke-X yang digelar di Palembang mengatakan, kegiatan yang digelar selama dua hari terhitung 24-25 Juni 2022 ini dihadiri oleh seluruh perwakilan daerah di hampir seluruh wilayah Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

“Peserta dari Jawa Barat kurang lebih 98 orang, Aceh 25 orang, Papua 5 orang dan masih banyak lagi. Keseluruhan ada sekitar 750 peserta se-Indonesia yang hadir,” ujarnya

“Uniknya, semua peserta berangkat dengan biaya sendiri. Memang dari kita ada memfasilitasi penginapan, tapi bisa kita lihat bagaimana antusiasnya anggota APITU untuk hadir berkumpul lagi,” katanya menambahkan.



Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul APITU Berbagi ke-X digelar di Palembang









Komentar dengan Facebook