APITU DPC SURABAYA mengadakan pertemuan dengan SMK NEGERI 7 Surabaya

0
306

Apitu.org–Surabaya-APITU DPC SURABAYA mengadakan pertemuan dengan SMK NEGERI 7 Surabaya di kantor SMK yang beralamatkan di Jl.Pawiyatan Surabaya.
pertemuan tersebuat membahas program Gathering Apitu Dpc surabaya yang rencananya diadakan pada 20 januari 2019 di Aula SMKN 7 SURABAYA.dan tak lupa Apitu Dpc surabaya akan berpartner dengan Extreme Ultra sebagai sponsor dan beberapa bengkel Ac seperti Cv. Sakura Ac dan Toko Sparepart Kencana Tangguh dalam acara tersebut.
Dari Apitu jatim diwakili oleh Haryo bima selaku sekretaris Apitu Dpd Jatim dan dari Dpc Surabaya beberapa pengurus inti juga ikut seperti Facrur Rosy ketua Apitu Dpc Surabayabserta Hamdan Shalaby sekretaris dpc dan juga pihak SMKN 7 Surabaya Bp Hari dan beserta jajaran guru lainnya.

Rapat bersama SMKN 7 Surabaya

untuk pertemuan tersebut juga akan dilakukan kerjasama dengan pihak Pendidik di Smk untuk program jurusan pendingin.

  1. jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara diberikan bekal pengetahuan tentang teknik pendingin.
  2. jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara diharapkan dapat menjadi teknisi pada bidang perbaikan AC maupun berwirausaha.

Untuk Program Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara telah tercantumnya Program Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara pada Kurikulum SMK Edisi 1999
Secara khusus membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  1. Mengoperasikan dan melayani Pabrik Es Komersial, Cold Storage untuk sayuran, Cold Storage untuk daging, ikan dan udang, Cold Storage untuk Transportasi Darat dan untuk Transportasi Laut
  2. Merawat dan memperbaiki peralatan Udara Ventilasi, Kompresor Mesin Pendingin, Alat Penukar Kalor, Mesin Listrik Teknik Pendingin, Mesin Pabrik Es, Cold Storage untuk berbagai keperluan, Tata Udara Industri, dan Mesin Pendingin Mobil Pribadi
  3. Membangun Pabrik Es, Cold Storage untuk berbagai keperluan, Ruang retail, Tata Udara Central, dan Tata Udara ruang Bersih
  4. Memasang Mesin Tata Udara Domestik, dan Mesin Tata Udara Mobil
  5. Merencana Instalasi pemipaan Refrijeran Primer dan sekunder, instalasi lorong udara, Pabrik Es Komersial, Cold Storage, ruang Retail, Tata Udara industri, Tata Udara Central, dan Ruang Bersih (clean room)
    Mengacu pada isi Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Peluang untuk meraih pasar kerja dan berwirausaha bagi tamatan Program Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara sangat terbuka yang dibuktikan dengan adanya permintaan tenaga kerja yang langsung ke SMK atau pada mas media menyerap tenaga kerja Program Keahlian Elektro untuk dididik menjadi tenaga teknisi Teknik Pendingin.

Dunia Usaha yang bergerak dalam bidang Produksi, Jasa elektronika, Swalayan, pertokoan, kantor-kantor perusahaan swasta dan Pemerintahan, Hotel-hotel, Kontraktor, Pekerjaan Umum, Pertambangan, Otomotif, Penerbangan, Pabrik es, rumah sakit, masyarakat, peluang bagi tamatan atau berwirausaha dengan membuka bengkel service teknik pendingin.

Dalam Teknik Pendingin terdapat life skills (mata pencaharian) yang potensial untuk berwirausaha dengan biaya yang tidak terlalu tinggi.

Laporan Biro IT & Publikasi Apitu Dpd Jawa Timur
Ahmad Djessus

Komentar dengan Facebook