Apitu Indonesia melalui DPD Apitu Jawa Timur bergerak Bhakti Sosial Bencana Erupsi Semeru

0
451

Apitu.org~Surabaya–Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur yang terjadi sejak 4 Desember 2021 menggugah hati masyarakat Indonesia, termasuk APITU INDONESIA yang di prakarsai APITU DPD JAWA TIMUR. Para pengurus dan anggota pun melakukan bakti sosial untuk membantu warga yang terdampak.

“Selain gathering, APITU DPD JAWA TIMUR memiliki kegiatan rutin berupa charity. Kegiatan charity diadakan secara khusus seperti ketika ada bencana alam. Terkait bencana erupsi Gunung Semeru, kami sengaja langsung hadir di sana,” ujar Sudarto, ketua dpd apitu jawa timur.

Proses penggalangan donasi yang dilakukan sebelumnya dari internal anggota apitu Jatim dan beberapa pihak lain, terutama teman teman anggota lintas dpd apitu Indonesia mampu mengumpulkan uang senilai Rp53 jutaan dan beberapa paket bantuan lainnya

Advertisement

Setibanya di Lumajang APITU DPD JAWA TIMUR mengunjungi Posko Pengungsian. “Sesuai arahan ketua dpd kami, dan koordinasi dengan Ketua dpc apitu lumajang Lumajang, Yan Prima kami mendapatkan informasi mengenai daerah yang paling membutuhkan bantuan,” jelas Hendra div.Humas apitu jatim. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), lebih dari 10.000 orang terpaksa mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru.

Bantuan berupa keperluan anak anak, mesin jet cleaner, alat-alat tulis, dana tunai dan lain-lain pun disampaikan ke beberapa tempat yaitu Posko Pengungsian SMP Negeri 1 Kecamatan Candipuro, Posko Bantuan Logistik dan Penampungan Pengungsi Korban Erupsi Gunung Semeru Desa sumber wuluh, dan Posko Pengungsi dan Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru Dusun Getting, Desa pasrujambe.

“Kami terharu melihat masyarakat yang berada di Posko Pengungsian sangat gembira dan berterima kasih begitu mengetahui kami datang memberi bantuan,” kata fery prasetyo. “Mereka tetap sangat ramah walau dalam kondisi sedang mengungsi. Padahal, secara psikologis tentu bencana ini berdampak juga bagi para pengungsi. Kami berharap kehadiran kami dari Apitu DPD Jawa Timur serta teman teman lintas DPD seperti DPD Dki, DPD Jateng, DPD Aceh, DPD Jabar , DPD Aceh dapat menghibur dan sedikit meringankan beban para pengungsi,” kata Aris Adi Setyawan salah satu Pembina Apitu Jatim yang ikut.

” Saat kami hendak naik, Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas sehingga kondisi terlalu berbahaya saat pagi menuju ke sana,perjalanan kami sampai pada lokasi yang benar benar terdampak yakni desa renteng yang bersentuhan langsung dengan erupsi lahar semeru,” ihat rustandi. “Kami harap erupsi Gunung Semeru segera berakhir dan para pengungsi dapat segera kembali ke rumah masing-masing,” sambut khoirul sholeh bendahara apitu jatim .

“Prinsipnya kami ingin bantuan yang kami berikan ini tepat sasaran dan sesuai dengan yang warga inginkan,” tambah glory yang juga Div. usaha dan kemitraan Apitu Jatim ini.

Kesungguhan dan komitmen agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran ditunjukkan dengan terjun langsungnya para pengurus Apitu Jatim ke Lokasi Korban Semeru di Lumajang.

Laporan Biro IT & Publikasi Apitu Dpd Jatim
Ahmad Djessus

Komentar dengan Facebook