Apitu Sulsel Ikut Pelatihan Musicool Berbasis Kompetensi Tingkat Basic

0
164

Apitu.org, Sulsel ~ Musicool Pertamina kembali mengadakan pelatihan berbasis kompetensi tingkat basic untuk para praktisi pendingin. Kali ini, pelatihan dilaksanakan di Hotel Ibis Makassar, Jl. Dr. Sam Ratulangi pada tanggal 24 – 25 Juni 2019.

Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut meliputi Teknisi yang berada di Kota Makassar, baik yang sudah tergabung dengan Asosiasi Apitu atau yang belum bergabung.

Materinya, yakni tentang bagaimana cara melakukan retrofit refrigerant dari R22 ke Musicool. Mulai dari teori sampai praktik langsung, dan juga membandingkan hasil pengukuran pasca retrofit.

Seperti yang diketahui, Musicool adalah hydrocarbon refrigerant yang berfungsi sebagai bahan pendingin pada unit Air Conditioner ( AC ) dan juga lemari es. Produk ini juga sering dikenal MC 290.

Pelatihan berbasis kompetensi ini merupakan sebuah langkah Pertamina dalam mendukung Pemerintah yang berkaitan untuk mengurangi pemanasan global yang disebabkan oleh refrigerant R22 yang selama ini beredar di pasaran.

Oleh karena itu, Pertamina kembali mengkampanyekan produknya, yakni MC 290 yang lebih ramah lingkungan, sebagai pengganti refrigerant R22.

Dari hasil praktek dan training kali ini, menyimpulkan bahwasannya MC 290 memang lebih unggul jika di banding dengan refrigerant R22. Di mana, kinerja kompresor semakin ringan, dan ampere-nya pun juga rendah.

Sehingga, secara tidak langsung pemakaian listrik-nya pun juga ikut menurun ( hemat listrik ), tentu hasil tersebut merupakan hasil yang di nanti-nanti oleh costumer.

Laporan Biro IT & Publikasi Apitu DPD SULSEL | Muh. Sain

Komentar dengan Facebook