BLK Padang Wacanakan Pengembangan Siswa TPTU ke Refrigerasi Industri

0
163

Apitu.org. Padang~Masih dalam agenda kunjunganya ke Sumatera Barat, Ketua Umum APITU Indonesia M.Z. Arifin didampingi oleh ketua APITU DPD SUMBAR Amri Mukminin, dan pengurus lainnya, mengunjungi Balai Latihan Kerja ( BLK ) Padang yang beralamat di Jl. Raya Sungai Balang Bandar Buat, Lubuk Kilangan Kota Padang.

Rombongan di sambut baik oleh Syamsi Hari, SE.MM selaku Kepala BLK Padang beserta jajarannya. Tujuan kunjungan ke BLK Padang kali ini, tidak lain untuk membahas, Tahap pengembangan MoU targetnya, pengadaan guru tamu dan pengembangan pengetahuan siswa BLK tentang refrigerasi industri, serta kerja sama pelatihan di bidang TPTU serta jejaring penempatannya.

Tidak lupa juga membicarakan wacana Workshop listrik dan pendingin di BLK Padang untuk di jadikan Tempat Uji Kompetensi ( TUK ) untuk LSP TPTU, hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum M.Z. Arifin dalam pertemuan ini.

Seperti gayung bersambut, Kepala BLK Padang Syamsi Hari mengatakan, kondisi saat ini dengan dibukanya pasar global, di kawasan ASEAN, berdampak pada semakin ketatnya persaingan tenaga kerja dalam memperebutkan pasar kerja yang ada baik dalam maupun luar negeri.

Ada tiga hal untuk menjawab tantangan ini, yaitu Standar Kompetensi, Pelatihan Berbasis Kompetensi, dan Sertifikasi Kompetensi.

Syamsi Hari menambahkan, mengacu pada persiapan Sumber Daya Manusia ( SDM) yang sesuai dengan kebutuhan dunia Industri saat ini, BLK Padang mewacanakan pengembangan siswa Teknik Pendingin Dan Tata Udara ( TPTU ) ke refrigerasi Industri. Sehingga BLK Padang mampu menghasilkan lulusan siswa yang kompeten dan sesuai kebutuhan Industri.

Harapan ke depan dari pertemuan ini adalah segera terwujudnya kerja sama antara APITU dan BLK, sehingga segera terlaksana program-program yang sudah di rencanakan.

Laporan Biro IT & Publikasi APITU DPD SUMBAR
Ahmad Khoirun

Komentar dengan Facebook