“Cawang”, Karya nyata anak Bangsa.

0
14680

Apitu.org~Review Produk–Jumpa lagi dengan Team Review Apitu Indonesia, kali ini kita akan kupas tuntas produk Ac Baru karya anak bangsa yang diproduksi oleh Pabrikan Ac cukup ternama Indonesia yaitu PT. Panasonic Manufacturing Indonesia, yang kali ini menghadirkan produk dan Merek Baru ” CAWANG AC PRO”.

Nama Produk dengan identik sebuah daerah di Jakarta Timur ” Cawang” ini memang sudah tidak asing lagi. Kita tahu bagaimana terkenalnya Produk Radio Transistor ” Cawang “, yang paling banyak kita jumpai di Rumah-rumah penduduk baik di perkotaan maupun di pesedaan sekalipun saat itu.

Pada Tahun 1956 Thayeb Muhammad Gobel mengawali debutnya di dunia Komunikasi melalui PT. Transistor Radio Manufacturing.Co yang menghasilkan Produk Radio bertenaga Batrai pertama di Indonesia ” Cawang Radio Transistor”.

Melihat kesuksesan dari Produk Radio transistor ini rupanya PT. GOBEL DHARMA NUSANTARA telah meluncurkan sebuah Produk Pendingin Ruangan dengan merek yang sama baik secara arti serta makna dengan pendahulunya inilah CAWANG AC PRO.

Team Review APITU Indonesia dan A7PRO Media mencoba mengorek keterangan langsung dari Pabriknya dan akan kita beberkan hasilnya dalam Episode Review kali ini.

Oke guys, kelihatannya kalian penasaran ya dengan produk keren ini…. cek it out …..!!!

Bongkar sisi Indoor Guys ……

Kita lihat packingnya dulu ya, dari sini kita bisa melihat bagaimana Packing dirancang sedemikian rupa untuk menjamin keamanan barang yang ada di dalamnya, kemudian juga tertera informasi produk yang cukup jelas serta mudah difahami, jadi desainnya simpel tapi jelas guys…

Oke kita langsung unboxing ini produk ……

Wuiihhh dahsyat juga nih buatan Indonesia, dari tampilan keliatan kalau produk AC ini kokoh dengan dukungan bahan plastik yang berkualitas serta warna yang banyak disukai konsumen berbagai golongan. Secara utuh nih AC seperti mengingatkan kita pada salah satu produk Jepang yang sudah terkenal sebelumnya.

Yuk guys kita lanjut lagi ngoprek ngoprek unitnya. Cukup simpel juga buka cover indoornya cuma butuh waktu sekitar 1 menit dengan cara membuka 2 baut yang ada di bagian depan sebelah bawah bidang indoor kemudian tarik ke arah depan. Nah simpel kan guys…

Lanjut ke bagian elektrikalnya atau biasa disebut PCB unit, disini ada hal yang cukup menarik guys yaitu rangkaian PCB bagian bawah Cawang AC Pro dilengkapi dengan pelindung dari bahan anti air sehingga dapat meminimalisir terjadinya korsleting saat dilakukan Preventive Maintenance (service/ cuci)

Untuk membuka bagian ini kita hanya melepaskan 1 baut dan 2 penjepit saja, sehingga sangat mudah. Team berhasil melepaskan bagian PCB ini kurang dari 1 menit.

Setelah PCB unit terlepas kemudian Team melepas bagian Evaporator, nah bagian ini biasanya Teknisi mengalami kesulitan. Tetapi hal ini tidak akan kita temukan di Cawang AC Pro, semuanya telah dirancang dengan baik. Kita cukup melepaskan 1 baut dan 3 penjepit yaitu sisi kanan, kiri Evaporator dan satu pengikat pada bagian belakang. Maka Evaporator bisa diangkat dengan mudah. Hal ini kami menilai ada dua tujuan yaitu :

  1. Memudahkan Teknisi melakukan service besar
  2. Memudahkan Teknisi dalam mengganti Evaporator bilamana terjadi kebocoran ataupun pekerjaan lainnya.

Oh iya guys dalam hal perlindungan terjadinya kebocoran yang diakibatkan oleh sifat korosif pada logam maka seluruh U Bend dicoating dengan material yang baik (warna putih pada gambar diatas adalah hasil coating).

Pada saat memasang unit Cawang AC Pro, mohon agar diperhatikan kondisi tekanan angin dalam Evaporator masih ada/cukup, karena hal ini manandakan bahwa Evaporator dalam kondisi baik tanpa kebocoran.

Kita lanjutkan dengan melepaskan motor fan Indoor dan blower Indoor ternyata cukup melepaskan 1 baut saja dan semuanya dengan mudah bisa kita lepaskan, mudah sekali ya…

Kualitas material motor fan Indoor dan blower juga cukup mumpuni

Untuk keselamatan Cawang AC Pro dilengkapi dengan slot Grounding pula, jadi buat sahabat Teknisi mohon jangan sampai lupa Grounding dipasang ya, bukan cuma buat unit acnya tetapi untuk keselamatan kita bersama lho…

Oh iya…tidak kalah penting lagi bahwa Drain hose Cawang AC PRO bisa dipasang pada sisi kanan maupun kiri, jadi Teknisi tidak lagi menemukan kesulitan dalam hal posisi instalasi.

Oke Guys…. Indoor sudah kita acak-acak nih sekarang kita lanjutkan ke unit Outdoor ya…..

Seperti terlihat pada gambar di atas, unit outdoor cukup rapih dengan logo yang terlihat elegan dan material serta coating yang cukup handal menahan cuaca tropis.

Pada unit Fan Blade bisa kita perhatikan terbagi menjadi 3 bagian yang cukup besar dengan bahan plastik tebal, hal ini sangat handal dalam mejalankan tugasnya sebagai pembuang hawa panas dari kondensor pada saat unit AC beroperasi.

Material Fin Kondensor pun terbuat dari bahan almunium dengan didukung U Bend ber bahan tembaga yang terkenal cukup handal sebagai konduktor panas yang baik

Kompresor yang merupakan komponen utama pada mesin pendingin merupakan pengatur sirkulasi freon dalam system pendingin menjadi salah satu perhatian utama PT. GDN dalam hal produksi, maka unit kompresor wajib melalui banyak tahapan pengetesan demi menjaga kualitas yang baik dan layak. Dan khusus kompresor pihak produsen memberikan jaminan selama 3 tahun.

Nah ini saat yang kita tunggu-tunggu setelah membawa dari A sampai Z pasti kalian akan tanya bagaimana Garansi dari Produk Ac sekeren ini. Jangan takut, Team Review sudah tanyakan langsung ke Pabrikannya guys dan ini dia jawabannya ; Garansi Spareparts 1 (satu ) Tahun dan Garansi Kompressor 3 ( tiga ) Tahun.

Hebatnya lagi CAWANG AC PRO hingga saat ini memiliki 303 Layanan Purna jual tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan Garansi dan Produk karya Bangsa Indonesia yang super keren ini kayaknya kamu Wajib segera merasakan bagaimana, kesejukan hadir di setiap ruang anda……..

Oke guys demikianlah laporan review kami saat ini untuk AC CAWANG PRO yang merupakan salah satu produk kebanggan dalam negeri kita yaitu Indonesia. Semoga apa yang kami sampaikan dapat berguna bagi para pembaca, tak lupa kami ucapkan selamat datang CAWANG AC PRO semoga semakin sukses dan bisa mewakili produk-produk Indonesia yang sangat membanggakan bagi kita semua.

Komentar dengan Facebook