Apitu.org~ Sumbar-Dewan Perwakilan Daerah Apitu Sumatera Barat dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanjung Raya, kabupaten Agam Sumatra Barat menggelar Job Fair (Bursa Kerja) tanggal 28 hingga 29 November 2023 di Aula sekolah tersebut.

Diawali opening ceremony dengan penampilan tari pasambahan, dilanjutkan penampilan bakat dari para siswa SMK Negeri 1 Tanjung Raya dan talkshow kiat sukses meraih peluang kerja, acara pembukaan tersebut berlangsung sukses dan meriah.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia yaitu Erinaldi mendukung dan mengapresiasi kegiatan Job Fair yang pertama kali dilaksanakan SMK Negeri 1 Tanjung Raya tersebut, karena memfasilitasi antara industri dengan para alumni dan pencari kerja (pencaker) di kabupaten Agam.
Menurut Erinaldi, SMK sebagai produsen tenaga kerja harus menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai SKKN (Standar Kompetensi Kerja Nasional) dan standar internasional, sehingga berdayasaing tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Tanjung Raya, Drs. Kamroni Purnamera dalam sambutannya menjelaskan, Job Fair ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang harus dilaksanakan setelah sekolah tersebut meraih predikat SMK Pusat Keunggulan (SMK PK). lebih kurang 300 orang telah melakukan registrasi pendaftaran online yang disediakan panitia dan akan terus bertambah, ujarnya.
Kegiatan ini yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Ketenagakerjaan (Disperindagnaker) Kabupaten Agam, menjawab kegelisahan para alumni SMK yang selama ini belum mendapatkan pekerjaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, diwakili oleh Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada SMK negeri 1 Tanjung Raya sebagai sekolah pusat keunggulan. SMK PK munurutnya merupakan sekolah yang memiliki kualitas lebih dibandingkan sekolah lainnya dan telah melalui seleksi ketat dengan persyaratan khusus. diantarnya memiliki NPSN (Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional), sertifikasi keahlian guru dan kemitraan dengan dunia kerja,” jelasnya.

Pelaksanaan Job Fair ini adalah rangkaian kegiatan proses Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja yang harus dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan dengan tujuan membuka peluang karir bagi alumni SMK lainnya.

Ketua panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasamanya, para mitra dari industri serta seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan Job Fair ini.

dilaporkan oleh Biro IT dan Publikasi Apitu DPD Sumatera Barat :
Ahmad Maliki

Komentar dengan Facebook