Manfaat kekuatan Mitra Asosiasi/Organisasi untuk mengembangkan bisnis Principle/Brands

0
346

Seperti yang kita ketahui, bisnis tak selamanya menguntungkan, dituntut untuk cerdas dan kreatif dalam mengelolanya. Trend yang sedang hangat dan kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis , sebaliknya, jika bisnis sedang menurun, Brands/Principle mesti mempertahankan agar pelanggan tidak hilang dan kecewa, juga mesti memikirkan bagaimana cara untuk menyelamatkan bisnis atau pasar mereka.

Dalam keadaan seperti ini, para principle/brands mencari peluang baru. Mereka bisa memanfaatkan kekuatan dari komunitas, organisasi atau asosiasi yang ada, kenapa ?

Mengurangi Biaya
Beberapa brand terbesar di dunia, menggunakan kekuatan yang didapat dari anggota komunitas/Asosiasi. Mereka lebih fokus untuk mencari tahu apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari komunitas/Asosiasi pendukung usahanya, sehingga tidak perlu terlalu ‘repot’ untuk mencari informasi dari pasar dan melakukan riset besar-besaran. Bahkan, mereka tidak perlu terlalu gencar beriklan.

Meningkatkan Loyalitas
Di sini, principle/brands bisa menciptakan sebuah wadah bagi anggota komunitas/asosiasi, dan ‘merawat’ mereka sebaik mungkin. Misalnya, mendengar apa yang menjadi saran dan keinginan komunitas/asosiasi. Dengan mendengarkan, mereka akan merasa dihargai dan dimengerti. Tentunya, hal ini mampu meningkatkan ikatan antara brand/principle dengan anggota komunitas/asosiasi. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan mensponsori kegiatan yang digarap oleh komunitas/asosiasi tersebut.

Pertemuan Pengurus baru DPD Jatim dengan Panasonic

Menciptakaan Inovasi
Selain itu, dengan menyediakan wadah seperti ini, sebaliknya, principle/brands akan bisa menerima begitu banyak masukan dari anggota komunitas/asosiasi tersebut.

Perlu kita ingat pula, dengan membina hubungan baik antara principke/brand dengan mitra Asosiasi/organisasi khususnya Apitu DPD Jatim, dan tentu saja dengan terus memberikan pelayanan yang baik, Apitu Dpd jatim akan berkembang. Semakin banyak anggota, artinya kesempatan Brand/Principle mendapatkan pelanggan dan hal lain seperti ide-ide cemerlang, pun turut meningkat,begitu juga anggota Apitu Dpd Jatim akan mendapatkan lebih banyak manfaat seperti Seminar,training clas dan mendapatkan alat peraga sebagai sarana pengembangan.

Maka dari itu Apitu DPD Jatim bersama salah satu Brands/principle ternama produk Ac di indonesia yakni Daikin Indonesia mengadakan pertemuan untuk membahas program2 yang sudah terjalin dan berjalan dan program untuk 2019 serta memperkenalkan jajaran kepengurusan bari apitu dpd jawa timur.

Dari pihak Daikin diwakil Novi Martanto Manager Field Service Dept. beserta jajaran stafnya dan Apitu dipimpin langsung Ketua Apitu DPD jatim Iskandar beserta staff pengurusnya.

Materi yang dibahas adalah terkait program yang sudah berjalan dan program jangka panjang guna kesejahteraan dan peningkatan skill anggota (Dpc),yakni :

  1. Pengenalan Pengurus Baru APITU DPD JATIM
  2. Pengenalan jumlah Dpc yg ada di jatim
    termasuk terbentuknya 2 Dpc baru yakni jombang dan madura
  3. Pelatihan yg berkesinambungan trutama Daikin VRV
  4. Kerjasama Laboratorium teknik APITU JATIM – DAIKIN.
  5. Menjadikan APITU – DAIKIN sebagai lembaga pengembangan berbasis sertifikasi kompetensi untuk peningkatan skill teknisi.
  6. Proposal Expo HVACR 2019
  7. RAKERDA APITU JATIM

Dari program tersebut ternyata searah dengan program dari pihak Daikin.
Semoga apa yang diharapkan bisa menjadi kesejahteraan anggota dan peningkatan skill serta semakin berkompetennya anggota apitu yang bisa bersaing di era keterbukaan ini.

Biro IT & Publikasi Apitu Dpd Jawa Timur
Ahmad Djessus

Komentar dengan Facebook