Membuat Organisasi Yang Nyaman Bagi Anggotanya

0
146

Apitu.org, Jawa Timur ~ Kepemimpinan adalah tentang keberanian, bermimpi dalam mengabdikan diri menuju pemenuhan harapan. Cara berpikir dan bertindak dalam organisasi harus membuat orang percaya pada anda akan kemampuan anda.

Beberapa sikap kepemimpinan dalam organisasi yang harus diterapkan :

Efektif

Memiliki karakter yang kuat dan dapat dipercaya. Kepemimpinan dalam organisasi harus melibatkan dan membimbing anggotanya ke arah yang benar, membantu mereka mencapai tujuan yang diharapkan. seorang pemimpin harus menjadi teladan dan contoh bagi para pengikutnya baik kehidupan dan tindakannya sendiri.

Percaya diri

Memunculkan kepercayaan diri,seorang pemimpin tidak bisa mengharapkan orang lain untuk mengikutinya.

Mengetahui keadaan anak buah

Untuk menjadi pemimpin yang baik, anda harus tahu dan memahami anak buah. Anda perlu membuat pilihan yang benar, memberikan tanggung jawab dan memilih orang-orang yang layak untuk mengimplementasikan keputusan anda. Memahami potensi anak buah adalah penting bagi pelaksanaan kerja yang tepat. Membuat pilihan yag adil dan tepat pada waktu yang tepat adalah cirri yang baik untuk kepemimpinan dalam organisasi.

Menghargai orang lain

Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus selalu ingat bahwa dia memimpin banyak orang dan dipercayai oleh banyak orang. Orang-orang inilah yang membuatnya menjadi seorang pemimpin dan kemudian mengikuti dia. Para pengikut memiliki harapan dan keinginan yang baik untuk kedepannya dari pemimpin mereka.

Jadilah antusias

Seorang pemimpin organisasi yang antusias adalah pemimpin yang baik yang mempunyai tujuan untuk keinginan yang akan dicapainya. Tujuannya adalah memotivasikan pengikutinya untuk bekerja sama dan merealisasikan rencana yang akan diadakan atau di sosialisasikan. Keterampilan kepemimpinan dalam organisasi sangat mendorong para pengikutnya untuk mengambil upaya menuju tujuan yang diharapkan dalam suatu organisasi.

Loyalitas

Loyalitas mengacu pada kesetiaan suatu organisasi, kerelaan berkorban untuk organisasi dan hal-hal lain yang sifatnya herois. Loyalitas akan menggerakkan pikiran-pikiran baru dalam organisasi untuk tetap bekerja meski dalam kondisi yang tidak menguntungkan, kondisi kekurangan, atau kondisi-kondisi yang diluar kendali kita.

Komitmen dan Tanggung Jawab

Jika loyalitas berkerabat dengan kesetiaan, maka komitmen dan tanggung jawab demikian. Komitmen dan tanggung jawab lebih mengarah pada kesepakatan atau janji yang telah dibuat atau disepakati dengan bersama. Komitmen dan tanggung jawab harap kita laksanakan dengan baik karena itu udah bagian dari tugas kita di suatu organisasi.

Kekeluargaan dan rasa saling memiliki

Kekeluargaan atas suatu organisasi berawal dari rasa nyaman yang ditimbulkan didalam internal organisasi tersebut. Kekeluargaan dan rasa memiliki ini merupakan proses sebab akibat yang sangat erat. Keduanya berakibat pada rasa nyaman antar anggota didalam organisasi tersebut, dan akhirnya mempengaruhi pula ikatan emosional, kinerja dan lain-lain.

Sesama anggota atau seorang pemimpin sering bertemu , berdiskusi, bersenang-senang, berkegiatan, dan lama kelamaan akan terpupuklah rasa kekeluargaan dan rasa memiliki yang kuat.

Kejujuran

Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana-mana. Jujur dalam berorganisasi sangatlah penting misalnya dalam mengemukakan pendapat, laporan, masalah uang dan dalam kinerja di suatu organisasi. Jujur berkaitan dengan masalah moralitas, realita dan fakta. Jika kita jujur dalam berorganisasi pasti anda akan dipercayai banyak orang jika ingin menjadi seorang pemimpin.

Kemauan untuk berkembang

Hal ini sangat penting tidak hanya bagi diri sendiri tetapi bagi organisasi yang akan kita jalanin atau yang bersangkutan. Kemauan untuk berkembang menunjukkan keterbukaan hal-hal baru yang masih asing atau keterbukaan dalam hal yang akan kita dikembangkan di organisasi.

Hal ini juga menunjukan bahwa dalam diri seorang anggota itu atau organisasi itu, ada keinginan untuk selalu meningkatkan kualitasnya, sehingga yang dihasilkan dalam organisasi pun meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya.

Dipublikasikan oleh : Biro IT & Publikasi APITU DPD Jawa Timur / Ahmad Djessus

Komentar dengan Facebook