Pembentukan FKJP/LIN Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah

0
101
Pembentukan FKJP/LIN Kota Semarang

Apitu.org–Semarang-Terkait dengan kerjasama antara Apitu Jateng dengan USAID-RWAP adalah pembentukan FKJP (Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan) atau LIN (Learning Inofation Network) dibeberapa Kota/Kabupaten yg menjadi binaan RWAP yaitu,

1. Kab. Demak
2. Kota Semarang
3. Kab. Semarang
4. Kab. Kendal
5. Kota Salatiga
6. Kota Surakarta

FKJP sendiri adalah suatu Forum yg mewadahi Lembaga Pelatihan Kerja, Pemerintah dan Pengguna Tenaga Kerja (Perusahaan, Asosiasi dll), untuk membantu Pemerintah dalam hal Informasi Pemagangan, Penempatan Tenaga Kerja, dan juga pengembangan Pelatihan Siap Kerja bagi calon tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, yang koordinasinya berada langsung di bawah Disnaker Kota/Kabupaten.
Sumber anggaran untuk operasional FKJP/LIN menggunakan dana dari Kementerian Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kota/Kabupaten, dan juga Perusahaan penyelenggara program.
SK untuk FKJP dikeluarkan oleh Bupati / Walikota setempat.

Pengukuhan FKJP/LIN Kab. Demak

Sampai saat ini sudah dibentuk FKJP/LIN di 2 Kota/Kabupaten yaitu,
1. Kabupaten Demak, dimana ada 2 Anggota Apitu yg masuk didalam Stuktur Kepengurusan yg sudah dikukuhkan dan dikeluarkan SK dari Bupati Demak.
2. Kota Semarang sedang dalam proses dimana 3 orang Anggota Apitu masuk di dalamnya.
Untuk selanjutnya akan menyusul Kota Surakarta untuk pembentukan FKJP.
Untuk proses pembentukan, pada pembahasan awal Tim Kerjasama Apitu Jateng akan turun langsung dalam pembahasan dan kemudian pada saat pembahasan lanjutan untuk pembentukan Struktur Kepengurusan maka akan dilimpahkan kepada Anggota Apitu setempat.
Demikian informasi mengenai salah satu kegiatan Apitu Jateng dalam kaitan kerjasama dengan USAID-RWAP

Prasodjo, Kontributor Indonesia Tengah

Komentar dengan Facebook