Peningkatan SDM APITU Indonesia Dengan 3R

0
505

Apitu.org, Jawa Timur ~ Seorang Teknisi tentu perlu meningkatkan skil ketrampilannya, hal ini dapat dicapai dengan metode 3R, yakni Reorientasi, Revitalisasi, dan Rebranding.

Reorientasi adalah program kerja atau program pelatihan merupakan upaya untuk meninjau pelatihan apa yang saat ini dibutuhkan dan tidak dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan masa kini.

Revitalisasi adalah menciptakan trainer internal dibutuhkan untuk meningkatkan instruktur pelatihan dan metode pelatihan yang digunakan dalam hal ini Training Of Trainer (TOT).

Advertisement

Rebranding adalah diperlukan bukan hanya sebagai polesan, tapi juga mengubah persepsi bahwa pelatihan yang diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan.

Program tersebut ditujukan untuk menciptakan SDM yang berkompeten dibidangnya, terutama mesin pendingin dan tata udara, sekaligus meningkatkan relevansi kemampuan anggota dengan kebutuhan pasar kerja dibidang pendingin dan tata udara.

Dengan begitu lebih jelas dan terarah sesuai kebutuhan prioritas peningkatan SDM APITU INDONESIA.

Melalui Program 3R, skema pelatihan akan semakin fokus dan masif. Kolaborasi antara asosiasi – pemerintah – swasta tersebut menciptakan ekosistem pengembangan SDM yang adaptif untuk memprioritaskan pembangunan SDM.

Pelatihan vokasi tentunya juga membutuhkan dukungan para principle, pemerintah. Principle yang lebih tahu tentang masalah teknik pada sebuah produk yang mereka buat, sedangkan dukungan Pemerintah diperlukan agar mendapat pengakuan secara resmi.

Ada 3 tantangan yang dihadapi yakni :

  • Awareness yakni kurangnya tingkat kesadaran terhadap keberlangsungan pekerjaan dan pelatihan vokasi.
  • Fokus, masih minimnya kesadaran atas pentingnya peningkatan skill yang dimiliki bagi anggota atau pekerja.
  • Fragmentasi, yang masih belum adanya common goals / tujuan bersama satu sama lain terkait pembangunan SDM.

Dengan berupaya meningkatkan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan dan pendidikan vokasi diharapkan untuk menyiapkan anggota yang berkompeten dan berdaya saing tinggi bagi APITU INDONESIA.

Pandangan seorang anggota bagi kemajuan APITU INDONESIA dan ditulis oleh Ahmad Djessus / Biro IT – PUBLIKASI APITU JAWA TIMUR

Komentar dengan Facebook