Pra Uji Kompetensi APITU DPD Sumbar

0
128

Apitu.org, Sumbar ~ Bertempat di SMK N 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam, sebanyak empat puluh ( 40 ) anggota Apitu DPD Sumbar yang sudah mendaftar ikut uji komptensi (Uji Komp) mengikuti acara Pra Ujikomp, yang di adakan oleh panitia pelaksana.

Acara di buka oleh Ketua Panitia Pelaksana Uji Kompetensi, Hermandiasyah, kemudian sambutan Ketua Apitu DPD Sumbar, Amri Mukminin serta di lanjutkan sambutan dari guru pembimbing jurusan TPTU sekaligus Perwakilan dari SMK N 1 Tanjung Raya , Erwin Syahputra.

Dalam sambutanya mengatakan, kita berada di era globalisasi, dengan dibukanya pasar global di kawasan Asean, berdampak pada semakin ketatnya persaingan tenaga kerja yang ada, untuk menjawab tantangan ini salah satunya adalah dengan sertifikasi kompetensi.

Kita wajib bersyukur Apitu Indonesia dengan LSP TPTU-nya siap mensertifikasi anggotanya di seluruh Indonesia imbuhnya. mengakhiri sambutanya.

Acara berlangsung dalam 2 ( dua )hari Sabtu – Minggu (19-20 Oktober 2019). Para peserta mendapat pencerahan sekitar pelaksanaan Uji kompetensi. peserta di uji untuk memasang, membongkar unit AC dan mengetahui komponen AC serta permasalahannya. Juga di uji bagaimana menggunakan alat ukur, dan mengetahui fungsi masing masing peralatan.

“Tampilan AC yang terpasang juga di nilai, tekniknya dalam bekerja juga harus berurutan” terang Harso selaku tim penguji.

Selain itu, peserta juga harus memperhatikan dan menerapkan K3 ( Keselamatan & Kesehatan Kerja ) APD ( Alat Pelindung Diri ) wajib digunakkan saat uji kompetensi nanti. Saat proses instalasi, teknik flering, swiging, dan brazing juga menjadi penilaian tim penguji.

Di sela – sela acara hadir Kepala SMK N 1 Tanjung Raya, Drs.M Hidayat. Beliau memberi semangat kepada peserta dan berharap semua sudah siap dan lulus saat di sertifikasi nantinya.

Acara berakhir hari Minggu sore, di tutup oleh panitia pelaksana, ucapan terima kasih yang sebesar besarnya di ucapkan DPD Apitu Sumbar Kepada SMK N 1 Tanjung Raya, yang sudah memfasilitasi acara pra uji komp ini. Ini merupakan wujud nyata kerjasama yang sudah lama terjalin.

( Dipublikasikan oleh : Biro IT & Publikasi Apitu DPD Sumbar / Ahmad khoirun )

Komentar dengan Facebook