Sebanyak 44 Peserta Ujikom APITU DPD Sumbar dinyatakan Kompeten

0
83

Apitu.org, Padang ~ Dewan Pengurus Daerah APITU Padang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknik Pendingin dan Tata Udara ( LSP TPTU ) menggelar Sertifikasi / Uji Kompetensi bidang pendingin dan tata udara ( air conditioner ) di TUK SMK N 1 Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatera Barat.

Sertifikasi / Uji Kompetensi ini di ikuti oleh 44 Peserta, yang semuanya adalah anggota APITU DPD Sumbar.

Acara ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Tanjung Raya Drs.M Hidayat, kemudian dengan dilanjutkan rangkaian kegiatan Uji Kompetensi.

Baca Juga: Dukung Gerakan Indonesia Kompeten, APITU DPD DKI Adakan Uji Kompetensi

Pada Uji Kompetensi ini datang Asesor / penguji dari LSP TPTU sebanyak dua orang yaitu Robert Silalahi dan Abdul Hamid, serta didampingi Arbain Sabran selaku Admin. Uji Kompetensi berlangsung selama dua hari, 22 – 23 November 2019.

Beberapa tahapan juga harus dilalui oleh peserta, diantaranya adalah, ujian tertulis dan praktik. Untuk ujian praktik meliputi, Instalasi, Flaring, Swaging dan Brazzing, tidak ketinggalan juga Troubleshooting.

Sementara itu, Ketua DPD APITU Sumbar, Amri Mukminin menjelaskan pentingnya mendapatkan sertifikasi bagi Teknisi dan tujuan diselenggarakannya uji kompetensi tidak lain adalah, agar para Teknisi yang tergabung dalam keanggotaan DPD Sumbar khususnya dan Apitu Indonesia pada umumnya, mendapatkan sertifikasi.

Selain itu, juga mendapat pengakuan dan keahlianya bisa digunakan di manapun, karena keahlian mereka sudah di verifikasi menggunakan standar nasional, atau sudah sesuai dengan SKKNI ( Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ) dan Allhamdulilah dari 44 peserta dinyatakan lulus dan kompeten.

Baca Juga: Ujikom APITU DPD Sumut, Semua Peserta dinyatakan Kompeten

Setelah dua hari Uji Kompetensi ini berjalan, kegiatan ditutup oleh Ketua Panitia Uji Kompetensi Hermandiansyah dengan penyerahan piagam penghargaan dari APITU DPD Sumbar kepada SMK N 1 Tanjung Raya yang telah mendukung terselenggaranya Uji Kompetensi ini.


Pawarta: Ahmad Khoirun
Editor: Rudi Hadi
Publisher: Ahmad Khoirun
Sumber: Biro IT & Publikasi APITU DPD Sumatera Barat

Komentar dengan Facebook