Skema dan Fungsi Relay

0
528
Gambar diambil Eksternal

Relay Kompressor/Outdoor

Relay ini berfungsi Mengaktifkan dan menonaktifkan Outdoor,Outdoor akan Aktif ketika temperature Ruangan lebih besar dari temperature setingan,dan Non aktif setelah Temperature Tercapai. Relay Aktif dan non aktif dengan memutus supply Negatif dari Coil relay Supply ini di atur Oleh IC ULN 2003.
Gambar relay

Cara Ukur relay :
> Ukur dengan Tester dengan sekala 1Kilo.
> Ukur Coil/Kumparan ( Pin 1 dan Pin 2 ) Harus menunjukan nilai tertentu,Bila tidak Berarti   Kumparan Putus

  1. Relay Fan Indoor
    Cara kerja Sama seperti relay Kompressor hanya Daya nya lebih kecil , Relay terdiri dari 2 atau 3 Relay tergantung dari Jumlah speed Fan,Ketika Posisi Fan kita atur High maka Relay High lah yg akan On demikian juga saat Posisi Medium atau Low.
  2. SSR Fan indoor
    SSR merupka kepanjangan dari Solid state relay, Sama seperti relay SSR berguna mengontrol Fan indoor , Tetapi Tidak menggunakan kontak/Coil,SSR menggunakan Rangkaian Semi conductor didalamnya.
    Gambar dan Skema SSR

    Cara kerjanya adalah Arus Perintah dari mikro control Masuk ke Input SSR,Mengaktifkan LED internal,Cahaya led mengaktifkan Sensor peka cahaya dan mengaktifkan Rangkaian Triac.
    Untuk mendapatkan Putaran High atau low Masukan SSR disesuaikan untuk mendapatkan besaran Output yg sesuai dengan Kecepatan Motor.
    SSR diatas merupakan SSR yg sudah Dalam satu paket Part,adapun Yg terpisah Menggunakan TRIAC dan Photo coupler.

    Sama seperti SSR Satu paket,SSR ini menggunakan Input untuk Mengaktifkan led,Hanya Bagian nya terpisah antara Triac dan Photo couplernya.
    Cara pengecekan SSR
    > Menggunakan  Ohm meter,Ukur Kaki No.3 dan 4, Sama seperti diode/Led kaki no. 3 4 Ada nilai bila diukur satu arah,Bila bolak balik,Short,Tidak ada nilai maka SSR rusak.
    > Begitu pula Yg menggunakan Photocoupler ukur kaki no. 1 dan 2.

Disusun dan dipublikasikan oleh BIRO LITBANG APITU Indonesia
PUJIONO/red

Komentar dengan Facebook