Teknisi Anggota Apitu DPD Jatim ikuti Uji Kompetensi BNSP ( LSP TPTU )

0
325

Apitu.org–Surabaya~Sebanyak 40 teknisi AC dari berbagai daerah di jawa timur yang merupakan anggota APITU DPD JAWA TIMUR mengikuti Uji Kompetensi yang berlangsung pada hari sabtu – minggu 12 – 13 September 2020 di SMK Negeri 7 Surabaya.

Para peserta dinilai langsung kecakapannya sebagai teknisi oleh tim asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi TEKNIK PENDINGIN DAN TATA UDARA (LSP TPTU).

Terdapat dua jenis penilaian pada uji kompetensi ini.

Pertama yaitu tes kemampuan teori dan kedua tes praktek yang juga berlangsung di SMK Negeri 7 Surabaya sebaga tempat TUK

Ketua APITU DPD JAWA TIMUR M Iskandar , menjelaskan bahwa para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Kami di Asosiasi sebelum menggelar uji kompetensi ini harus mengajukan dulu minimal peserta itu 40, kemudian dari Kementerian Perindustrian menyetujui serta memberikan subsidi, hasil dari ujian ini peserta yang lolos akan mendapat sertifikat profesi,” ucapnya.

Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia ( APITU) DPD JAWA TIMUR memfasilitas penyelenggaraan Uji Kompetensi okupasi teknisi di SMK Negeri 7 Surabaya.

Ia menambahkan bahwa sebelumnya anggota APITU DPD JATIM yang telah memegang sertifikat profesi berjumlah 86 orang.

“Dari total anggota sekarang 400an onggota itu 86 sudah bersertifikat setelah ikut uji kompetensi dua tahun lalu, semoga yang ikut sekarang nantinya lolos semua,” tambahnya.

Iskandar menjelaskan jika di era saat ini kepemilikan sertifikat profesi begitu penting.

Selain itu juga dilakukan penandatanganan MOU antara SMK Negeri 7 Surabaya dengan APITU DPD JAWA TIMUR sebagai bentuk kerjasama dalam bentuk kegiatanTPTU.

Pihak SMK Negeri 7 Surabaya diwakili langsung oleh Kepsek Bp H Hery Poerwoko dan Apitu Jatim langsung oleh ketua Dpd yakni M Izkandar.

biro IT & Publikasi Apitu Jatim
Ahmad Djessus

Komentar dengan Facebook