Thermistor sebagai Proteksi Ac Split

0
361

Apitu.org–Teknologi-Kerusakaan Pada AC yang paling umum adalah Kebocoran System,dan kerusakan System kelistrikan ( Kapasitor , Overload , Dan Buruknya Suply Listrik ), Kerusakan yang umum ini. Celakanya, bisa berakibat Fatal Pada System, yaitu rusaknya Kompressor.
Karena kerusakan Kompresor mayoritas merupakan Kerusakan Sekunder atau sebagai dampak dari kerusakan lain , misalkan Kebocoran pada system dan AC terus dioperasikan.

Idealnya kerusakaan ini bisa di minimalisir, apabila sytem dilengkapi Proteksi, yang menjadi permasalahan adalah untuk AC Split yang beredar kebanyakan belum dilengkapi system Proteksi, hanya sebagian Merk dan type saja yang sudah bisa mendeteksi kerusakan pada system.

Adapun cara kerja Proteksi adalah dengan memanfaatkan Thermsitor Pipa dan Thermsitor Ruangan , dimana saat Control memerintahkan Outdoor bekerja idealnya adalah suhu Evaporator akan turun , selanjutanya Suhu Inlet udara ( Thermistor Ruangan ) akan dibandingkan dengan Suhu Evaporator ( Delta T / Perbandinagn Suhu Inlet dan Evaporator ). Saat terjadi kerusakan pada Sytem suhu Evaporator otomatis tidak turun atau turunnya sedikit ( Misal Kekurangan Refrigrant ), Selanjutnya Controler akan mendeteksi keruskan ini lalu menonaktifkan Outdoor Unit, dan memberikan Signal Error pada lampu display.

Pengalaman yang biasa temui dilapangan, saat terjadi kendala System tersebut , untuk AC yang sudah di bekali System proteksi yang dimaksud lebih tahan dengan kerusakan terjadi,dan untuk AC yang belum dibekali cenderung rentan mengalami Kerusakan Kompressor.

Pujiono/Biro Litbang Apitu Indonesia

Komentar dengan Facebook