Training Musicool Apitu Ikutkan 30 Peserta Perwakilan DPD Sulawesi Selatan

0
363

Apitu.org, Sulsel ~ Musicool MC-22 adalah refrigerant hidrokarbon yang telah diproduksi oleh Pertamina, atau juga sering kita sebut R920. Refrigerant ini bisa digunakan untuk menggantikan refrigerant sintetik jenis R-22, yakni jenis refrigerant yang selama ini digunakan sebagai bahan pendingin seperti AC, Chiller, Refrigerator, dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui, refrigerant jenis R-22 saat ini sudah mulai langka dipasaran, dan import-nya pun juga sudah dibatasi. Hal ini karena refrigerant jenis ini tingkat Ozone Depletion Potential ( ODP ) alias Potensi Perusakan Ozone dan Global Warming Potential ( GWP ) alias Potensi Pemanasan Global sangat tinggi.

Oleh karena itu, Musicool terus mempromosikan refrigerant buatannya kepada para konsumen dan juga para praktisi pendingin. Caranya, yakni dengan mengadakan training tentang bagaimana penggunaannya, dan apa saja manfaatnya.

Salah satu manfaatnya, yakni Musicool dapat menurunkan daya hingga 30% yang artinya jika menggunakan refrigerant MC-22 pada mesin pendingin, dapat menghemat daya listrik hingga 30% dibanding dengan penggunaan R-22.

Hal ini seperti yang telah dilaksanakan kemaren, yakni pada tanggal 19 – 20 September 2019 di Hotel Grand Asia, Sulawesi Selatan. Di mana Musicool mengadakan kegiatan training, dan diikuti kurang lebih 30 peserta, 6 diantaranya adalah anggota APITU DPD Sulsel, yakni dari DPC Makasar, Maros, Gowa, Sidrap, Bone, dan Sinjai.

Training yang berlangsung selama dua hari ini berjalan sangat seru, di mana pada hari pertama peserta menerima materi dari instruktur, kemudian hari kedua dilaksanakan praktek langsung bagaimana cara retrofit R-22 ke MC-22, sehingga para peserta bisa langsung membandingkan data hasil sebelum dan sesudah retrofit.

Tidak hanya itu, Musicool juga terus memberikan sebuah reward berupa doorprize kepada peserta yang beruntung dan memiliki nilai tinggi.

( Muh. Sain / Biro IT & Publikasi Apitu DPD Sulawesi Selatan )

Komentar dengan Facebook