Uji Kompetensi 2019 APITU DPD Kalimantan Timur

0
135

Apitu.org, Kaltim ~ Dewan Pengurus Daerah APITU Kalimantan Timur mengadakan Uji Kompetensi untuk para anggotanya, bertempat di Era Jaya Balikpapan, Kaltim. (30/11/19)

Uji Kompetensi diadakan guna mendukung program Pemerintah dan DPP APITU Indonesia agar semua anggota bisa mendapatkan pengakuan atas profesi yang mereka jalani, yakni dengan berupa Sertifikasi Profesi.

Untuk mendapatkannya, tentu harus melalui beberapa tahapan, salah satunya yakni dengan mengikuti Uji Kompetensi yang diadakan oleh lembaga terkait. Dalam hal ini, APITU DPD Kalimantan Timur berkerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknik Pendingin dan Tata Udara ( LSP TPTU ).

Di mana, lembaga tersebut merupakan salah satu lembaga yang menangani masalah sertifikasi profesi khususnya dalam bidang mesin pendingin ( AC ), yang sudah mendapatkan license dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi ( BNSP ).

Uji Kompetensi berlangsung selama dua hari, dan peserta harus mengikuti beberapa rangkaian ujian baik tulis maupun praktek. Materi yang diujikan berupa pengetahuan tentang Air Conditioner, mulai dari pemasangan hingga perbaikan kerusakan ( trobleshotting ).

Tidak hanya itu, kerapian dan keselamatan kerja ( K3 ) juga turut dinilai oleh penguji ( assesor ) sehingga ini bisa menjadi nilai tambah bagi peserta Uji Kompetensi, dan juga bisa menentukan apakah peserta lulus atau tidak.

Dengan harapan, setelah mengikuti Uji Kompetensi peserta tidak hanya menyandang gelar Kompeten, namun juga mengutamakan kedisiplinan dan keselataman saat bekerja di lapangan.

Di akhir kegiatan ditutup sambutan dari Assesor LSP TPTU dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan kegiatan ini, baik panitia ( APITU DPD Kalimantan Timur ) maupun peserta Uji Kompetensi.


Pawarta: Ma’ruf Amin Syamsuddin
Editor: Rudi Hadi
Publisher: Ma’ruf Amin Syamsuddin
Sumber: Biro IT & Publikasi APITU DPD Kalimantan Timur

Komentar dengan Facebook