Uji Kompetensi APITU DPD Maluku Utara

0
347

Apitu.org, Ternate ~ Dalam rangka menghadapi era globalisasi yang penuh dengan tantangan dan peluang kiprah industri nasional, termasuk industri di bidang TPTU sangat ditentukan oleh daya saing. Salah satu daya saing tersebut dapat dipengaruhi oleh produktivitas dan kualitas dari sumber daya manusia atau tenaga kerjanya.

Fakta menunjukkan, bahwa pengembangan kualitas tenaga kerja khususnya dibidang industri AC dan Refrigerator belum dilakukan seperti yang diharapkan. Sehingga kualitas tenaga kerja yang tersedia ini belum sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri seiring dengan perkembangan teknologi yang makin canggih. Hal tersebut menuntut adanya upaya pengembangan tenaga kerja profesi berbasis kompetensi yang harmonis.

Upaya pengembangan kualitas tenaga kerja tersebut dimaksudkan untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap kerja dalam mengaplikasikan teknologi yang sesuai dengan harapan.

Terkait dengan hal tersebut diatas, maka APITU DPD Maluku Utara mengadakan pelaksanaan Uji Kompetensi dengan harapan untuk menciptakan teknisi yang kompeten dan profesional dalam bekerja dilapangan. Sesuai dengan hasil musyawarah dengan pengurus APITU DPD Malut tentang pelaksanaan ujikom maka disepakati pelaksanaannya pada tanggal 09 – 10 November 2019.

Sertifikasi uji kompetensi diadakan di SMK Negeri 2 Kota Ternate tepatnya diruang bengkel TPTU. Peserta yang terdaftar yaitu 20 orang untuk mengikuti uji kompetensi ini. Kegiatan ujikom dibagi menjadi beberapa sesi diantaranya sesi ujian teori yang mengharuskan para peserta mengisi beberapa pertanyaan yang terdiri dari pertanyaan objektif dan esai dan dilanjutkan dengan sesi ujian praktek. Asessor penguji utusan dari LSP TPTU yaitu, Zaki Abdul Wahid dan Andi Alam.

Sebelum memulai kegiatan ujikom asessor penguji memberikan arahan tentang tatacara pengisian lembar jawaban materi ujian teori agar diperhatikan dengan teliti dan cermat. Setelah waktu ujian teori yang diberikan berakhir maka tahap selanjutnya adalah dengan sesi ujian praktek yang di bagi menjadi tiga kelompok sesuai nomor urut peserta yang telah dibagi oleh asessor sebelumnya.

Pada sesi ujian praktek para peserta difokuskan pada bongkar pasang unit dan troubleshooting saat menghadapi unit yang bermasalah, dan tak lupa juga poin poin dasar dalam memulai pekerjaan seperti aspek K3 menjadi pertimbangan penting dalam penilaian asessor.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya para peserta yang telah mengikuti dan memegang sertifikat mampu bersaing dalam dunia kerja dan kedepannya semua teknisi AC mampu mengimplementasikan standarisasi kerja yang telah mereka dapatkan selama ujian ini.

Dipublikasikan oleh : Biro IT & Publikasi APITU DPD Maluku Utara / Syamsuddin Agus

Komentar dengan Facebook