Ujikom APITU DPD Sumut, Semua Peserta dinyatakan Kompeten

0
151

Apitu.org, Medan ~ Setelah melalui perencanaan dan persiapan yang cukup panjang, akhirnya keinginan melaksanakan uji kompetensi untuk anggota APITU DPD Sumut telah terlaksana dengan baik.

Bertempat di Daikin Training Center Medan, DPD APITU Sumut Bekerjasama dengan pihak Daikin menggelar kegiatan uji kompetensinya selama dua hari berturut-turut 13 dan 14 November 2019.

Sebanyak 40 orang anggota yang telah mendaftar hadir ketika acara dimulai pada hari pertama. Acara dibuka oleh Syamsuddin Rambe selaku panitia sekaligus pengurus APITU DPD Sumut.

Ucapan terima kasih disampaikan atas kerjasama yang diberikan pihak Daikin berupa tempat pelaksanaan ujikom dan unit AC sebagai bahan prakteknya. Serta, disampaikan ucapan terima kasih yang sama atas kesediaan bapak-bapak Asesor LSP TPTU yang telah hadir, yaitu Arbain Sabran, Robert Silalahi dan La Ode Mhd Arsan.

Sedangkan dari Daikin, sambutan diberikan sekaligus pemaparan line bisnis barunya. Saat ini selain menjual unit AC, Daikin juga menyediakan dan menjual alat-alat pendingin / tools dan refrigerant berkualitas.

Pembukaan ujikom di awali dengan sambutan oleh Arbain Sabran dengan pemaparan dan latar belakang perlunya ujikom sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi beserta aturan / undang-undangnya. Agar kedepannya seluruh teknisi yang tergabung di APITU dapat ikut bersaing di pasar global khususnya MEA.

Kemudian, dilanjutkan dengan pengisian formulir isian yang dibagikan, termasuk pemenuhan kelengkapan administrasi. Selanjutnya uji tertulis semua peserta diminta menjawab soal yang diberikan oleh tim asesor berupa pilihan berganda dan essay.

Untuk sesi praktek instalasi, trouble shooting dan brazzing, peserta ujikom dibagi menjadi dua kelompok masing-masing sebanyak 20 orang per sesi. Di hari kedua tanggal 14 November 2019, semua peserta berhasil menyelesaikan semua tahapan ujikomnya dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengumuman dari asesor bahwa semua peserta dinyatakan kompeten.

Di ujung penyampaian, Robert Silalahi selaku asesor berharap agar peserta yang telah dinyatakan kompeten benar-benar dapat bekerja sesuai kompetensinya dan meminimalisirkan kerugian yang dapat timbul dari hasil pekerjaannya.

Akhirnya kegiatan uji kompetensi ini di tutup oleh ketua DPD APITU Sumut Ir. Muliamin dengan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini dan berphoto bersama.


Pawarta: Misnen
Editor: Rudi Hadi
Publisher: Misnen
Sumber: Biro IT & Publikasi APITU DPD SUMUT

Komentar dengan Facebook