Wujudkan Teknisi Kompeten, APITU Sumsel Ikuti Uji Kompetensi dari LSP TPTU

0
115

Apitu.org, Palembang ~ Pada hari Senin dan Selasa tanggal 28/29 Oktober 2019 kemarin telah diadakan sertifikasi uji kompetensi di Laboratorium Konvensi Energi Universitas Tridinanti Palembang, sebagai tindak lanjut dari program DPP APITU INDONESIA untuk mensertifikasi seluruh anggota melalui LSP TPTU.

Di mana LSP TPTU ini lahir dari gagasan visioner agar APITU INDONESIA mempunyai wadah yang mandiri dalam upaya mengakomodir dan mewujudkan cita-cita Teknisi Indonesia yang kompeten. Sertifikasi uji kompetensi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan bekal untuk para teknisi di dunia kerja.

Antusias dari peserta yang mengikuti sangat bagus, tercatat 51 peserta yang terdaftar mengikuti uji kompetensi ini yang terdiri dari gabungan beberapa DPD APITU di wilayah SUMBAGSEL seperti DPD SUMSEL, DPD LAMPUNG, dan DPD JAMBI dan Uji kompetensi kali ini diadakan selama 2 hari yang dibagi menjadi beberapa sesi.

Diantaranya, sesi ujian teori yang mengharuskan para peserta mengisi beberapa pertanyaan yang terdiri dari pertanyaan objektif dan esai, kemudian dilanjutkan dengan sesi Ujian praktek. Asessor penguji pada kesempatan kali ini terdiri dari 3 utusan dari LSP TPTU yaitu, Zaki Abdul Hamid, La Ode Arsan, M. Ikhsan.

Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi disambut baik oleh para peserta, dan juga antusias oleh pihak Universitas Tridinanti. Terbukti, dengan penandatanganan MOU antara kedua belah pihak antara APITU DPD SUMSEL dan Fakultas Teknik Universitas Tridinanti Palembang.

Selanjutnya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya para peserta yang telah mengikuti dan memegang sertifikat mampu bersaing dalam dunia kerja, terlebih lagi M.Ikhsan ( Ketua APITU DPD SUMSEL) mengungkap berharap kedepannya semua teknisi AC mampu mengimplementasikan standarisasi kerja yang telah mereka dapatkan selama ujian ini, dapat membawa usaha dalam bidang jasa pendingin dan tata udara ini semakin jaya lagi.

Di hari pertama para peserta terlihat antusias dan seksama mendengarkan arahan yang diberikan oleh asessor dalam mengisi lembar jawaban materi ujian teori agar diperhatikan dengan teliti dan cermat. Setelah waktu ujian teori yang diberikan berakhir, maka tahap selanjutnya dilanjutkan dengan sesi ujian praktek yang di bagi menjadi tiga kelompok sesuai nomor urut peserta yang telah dibagi oleh asessor sebelumnya.

Pada sesi ujian praktek, para peserta di fokuskan pada materi Trouble Shooting saat menghadapi unit yang bermasalah, dan tak lupa juga poin poin dasar dalam memulai pekerjaan seperti aspek K3 menjadi pertimbangan penting dalam penilaian asessor.

..dan pada hari kedua, peserta masih melanjutkan sesi ujian praktek dan dilanjutkan dengan sesi wawancara kepada para peserta.

Kesan dari satu peserta mengatakan “Uji kompetensi ini sangat bagus dan menarik, karena ujiannya sangat ketat dan prakteknya langsung tanya jawab kemampuan kita, jadi lulus atau tidaknya benar-benar tergantung peserta kompeten atau tidak” ujar Sahrul Hudi salah satu peserta Uji Kompetensi dari anggota APITU DPD SUMSEL.

( Dipunlikasikan oleh : Biro IT & Publikasi APITU DPD Sumsel / Nurdiansyah )

Komentar dengan Facebook